Inspektorat Daerah Kabupaten Kutai Barat

Pemkab Kubar Raih Opini WTP Ke-9 Beruntun dari BPK RI

SAMARINDA-Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar) kembali berbangga. Pasalnya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sembilan kali berturut-turut dalam acara bertempat di kantor BPK RI Perwakilan Kaltim di Samarinda, Jumat (3/5/2024) siang.

Kepala BPK RI Perwakilan Kaktim Agus Priyono meminta Pemda untuk memperhatikan aturan yang ada. “Yang terpenting pekerjaan sesuai regulasi yang telah ditentukan, maka dipastikan aman,” katanya.

“Ini menjadi bukti bahwa pengelolaan keuangan di seluruh pemerintah daerah di Kaltim semakin baik, tertib, taat peraturan dan semakin efisien dan efektif,” puji Agus.

Menurutnya, prestasi Opini WTP ini cukup mengecewakan masyarakat karena menjadi salah satu tolak ukur pencapaian keberhasilan roda pemerintahan yang baik dengan melakukan pengelolaan keuangan secara transparan, informatif, dan akuntabel.

Pemkab Kubar meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kaltim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kubar tahun anggaran 2023. Opini WTP ini pertama kali didapat Pemkab Kubar tahun Semasa jabatan Bupati FX.Yapan dan Wakil Bupati Edyanto Arkan.

Menurut Bupati, mempertahankan WTP tidaklah mudah. Hal ini berkat kerja keras pemerintah dan semua tim perangkat daerah dalam menyampaikan pertanggungjawaban keuangan sehingga meyakinkan BPK, dan hasilnya bisa WTP yang ke-9 kali.

“Ya, ini hasil kerja keras tim perangkat dalam menyampaikan laporan pertanggungjawaban sehingga menyakinkan BPK untuk memberikan predikat WTP,” ungkap Yapan.

Menurutnya pemimpin membutuhkan kepemimpinan agar terjalin komunikasi dan koordinasi dengan staf sehingga pekerjaan bisa berjalan baik dan tata kelola keuangan sesuai aturan.

Bupati mengucapkan terima kasih atas kinerja tim. Menurutnya pemimpin membutuhkan kepemimpinan agar terjalin komunikasi dan koordinasi dengan staf sehingga pekerjaan bisa berjalan baik dan tata kelola keuangan sesuai aturan.

Hadir pada penyerahan tersebut, Sekda Ayonius, Asisten 2 Rakhmad, Kepala Inspektur Kabupaten Kubar, Robertus Bellarminus Belly Djuedi Widodo, Kepala BKAD Petrus, Kadiskominfo Rustam, dan Wakil Ketua DPRD H.Aula.(KP36)